Alasan Kenapa Game Ini Selalu Ada Di Windows

Kita sebagai pengguna OS Windows pasti tidak asing lagi dengan game Solitaire, Minesweeper, Hearts, maupun Freecell. Banyak dari kita, terutama yang lahir tahun 90an, pasti pernah bermain game legendaris diatas. Meskipun game tersebut terlihat simpel dan sederhana, tetapi cukup menghibur kita di waktu senggang dan tentunya pasti membuat kita bernostalgia. Apalagi pada jaman dulu belum banyak game untuk PC yang dibuat.
windows games
Windows games
Tetapi pasti kita tidak pernah berpikir atau bertanya-tanya (atau mungkin pernah xD), kenapa game diatas selalu disertakan di setiap versi Windows. Kenapa tidak diubah dari versi ke versi dengan game lain yang lebih seru? Mungkin kita mikirnya ya game ini dibuat supaya pengguna PC juga mendapatkan hiburan ringan disela-sela aktifitasnya.
Dan ternyata game-game legendaris diatas didesain bukan hanya untuk bermain game bawaan gratis lho, tapi ternyata ada tujuan lain yang sangat berguna bagi kita. Simaklah alasan kenapa game ini selalu ada di Windows.
  • Solitaire
Solitaire
Solitaire
Solitaire adalah game kartu yang telah ditemukan sejak akhir tahun 1970an dan merupakan game Windows paling tua dan telah ada sejak versi 3.0 yang dirilis tahun 1990. Meski banyak yang bilang game ini hanya untuk memamerkan game kartu digital mereka, ternyata sebenarnya game solitaire diciptakan untuk membiasakan pengguna baru dengan fitur drag dan drop dari mouse.

Pengertian dari Drag & Drop adalah Istilah yang menggambarkan kegiatan memilih suatu obyek dan memindahkannya ke lokasi baru. Yaitu dengan menekan tombol sebelah kiri mouse/laptop (drag), kemudian meletakkan obyek tersebut ke lokasi yang sudah ditentukan (drop).
  • Minesweeper
Minesweeper
Minesweeper
Minesweeper, game logika menjinakkan bom ini awalnya muncul pada akhir tahun 1960an, tetapi baru dimasukkan kedalam Windows versi 3.1 pada tahun 1992 alasannya bukan karena pada waktu itu orang-orang masih belum terlalu menggunakan logika mereka, tetapi developer Windows ingin agar pengguna mengembangkan kecepatan dan ketepatan ketika menggunakan mouse dan menekan tombol kiri dan kanan akan menjadi sebuah kebiasaan yang alami.
  • Hearts
Hearts
Hearts
Sebenarnya Hearts dan Freecell dirilis secara bersamaan, tetapi diciptakan untuk tujuan yang berbeda. Pada tahun 1992, Windows Workgroup 3.1 merilis Hearts sebagai game network pertama mereka. Pihak developer memperkenalkan konsep komunikasi secara digital dengan Hearts sehingga pengguna dapat berkomunikasi dengan pengguna lain secara online.
  • Freecell
Freecell
Freecell
Freecell awalnya diperkenalkan sebagai bagian dari sebuah package yang bernama Win32s, yang mampu membuat aplikasi 32-bit berjalan di software Windows 3.1 16-bit. Game ini sebenarnya dirancang sebagai uji coba sub-sistem pengolahan data bernama thungking layer. Dan kalau thunking layer tidak terinstall dengan baik maka Freecell tidak akan bisa berjalan.

Walaupun Solitaire, Minesweeper, Hearts, dan FreeCell seringkali dikenal sebagai cikal bakal game di komputer, tapi ternyata mereka tidak hanya dimaksudkan untuk jadi sebuah hiburan dalam waktu lama. Ketika Windows hendak menghapus game ini dulunya, banyak orang yang protes. Sampai akhirnya pada tahun 2012 Windows menghapus game ini dari software OS mereka.

Sekian sedikit info dari saya semoga bermanfaat. Terima kasih dan sampai jumpa ~.~)/

0 komentar